Blog Rumah Ramah

Cerita dan kegiatan seputar kegiatan kami.

CERITA TENTANG RUMAH RAMAH

: Lela Soleha (Kakak Lela)   : 2023-10-05 19:18:37





Sebelumnya izin memperkenalkan diri nama saya Lela Soleha biasa dipanggil Kakak Lela. Disini kakak ingin sedikit memperkenalkan dan mungkin disini banyak juga yang belum tau Hidden Place atau tempat tersembunyi yakni Rumah Ramah yang ada di Desa Burujul Kulon tepatnya di Dusun Ciporang Rt 004 Rw 007.

Bermula pertengahan 2020 yang berawal dari ketidaksengajaan pada saat itu awalnya mamah yang mengajak anak anak yang belum sekolah pagi siang namun dengan berjalannya waktu anak-anak mengajak teman-temannya, dan yang tadinya bermula dari ketidaksengajaan menjadi sebuah kewajiban.

Namun pada 2020 sampai 2021, masih belum terbentuk Rumah Ramah, jadi kita melakukan berbagai kegiatan hanya mengatasnamakan perkumpulan anak-anak. Setelah pagelaran Panggung Gembira 2021 yang dilaksanakan pada tanggal 31 Desember 2021, di up di social media pribadi di status wa banyak yang merespon baik dan disupport oleh sahabat sahabat online.

Nah kemudian ada beberapa nama yang jadi pertimbangan kita, akhirnya terbentuk sebuah nama RUMAH RAMAH MAJALENGKA.

Lalu muncul banyak pertanyaan? Apa itu Rumah Ramah, Siapa yang mendirikan, tempat apakah itu, lembaga apa, berbentuk apakah, kegiatannya apa?

Rumah Ramah adalah sebuah tempat berkumpulnya anak-anak yang siap meluangkan waktunya untuk belajar dan berkegiatan bersama. Logo Rumah Ramah mungkin bisa dilihat di depan ini. Diambil dari kata Rumah karena memang tempatnya itu di rumah dan mungkin bisa kita sepakati bahwa Rumah adalah tempat berkumpul,tempat bercerita, tempat diskusi, tempat untuk menemukan inspirasi, tempat yang sangat amat nyaman untuk kita tinggal. Dan Ramah kita ambil sebagai pengharapan kami agar anak-anak bisa berperilaku baik tutur katanya sifatnya dan menyenangkan dalam pergaulan. Tentunya dikuatkan dengan logo yang berwarna warni yang diharapkan adanya Rumah Ramah inibisa memberikan warna baagi kami pengurus Rumah Ramah dan tentunya memberikan warna bagi kita semua khususnya Dusun Ciporang Desa Burujul Kulon.

Suatu kehormatan bagi saya dan kami Team Rumah Ramah, bisa bersilaturahmi bersama dengan sahabat online semuanya.

Pengurus inti Rumah Ramah itu ada saya Bapak dan Mamah, pengurus lainnya ada Om dan Tante, kemudian adik saya bayu, kemudian ada Team Rumah Ramah itu adalah kita semua adik adik,para orangtua dan para warga, karena tanpa bantuan dari semuanya kegiatan rumah ramah ini tidaklah ada artinya.

Total anak-anak pada saat Panggung Gembira pertama 2021 ada 34 orang, Panggung gembira 2022 ada 52 orang, dan sampai saat ini ada kurang lebih 40-45 orang.

Kegiatan sehari-harinya yaitu setiap malam ba’da maghrib yaitu diwajibkan mengaji terlebih dahulu, kemudian setelah mengaji kita belajar bersama sesuai dengan tingkatan umur.

Mungkin bisa dibilang saya dan kami semua pengurus rumah ramah menggunakan ilmu SAKA, sakabisa, sakamampu sakapaham, asal jangan sakahayang. Karena tentunya materi yang saya sampaikan saya pelajari dulu, research dlu, saya pahami dalami, agar menyampaikan pun bisa diterima dengan baik oleh anak. Nah Biasanya dikelompokkan berdasarkan tingkatan tk dan kelas 1, kemudian kelas 2 sampai kelas 4, dan kelas 5 sampai smp. Untuk materi yang disampaikan itu oleh saya dan mamah. Materi yang disampaikan tentunya sama seperti sekolah pada umumnya ada matematika, baha Indonesia, bahasa inggris, akidah akhlak, pkn, pai, namun dengan materi yang umum agar masing-masing tingkatan dapat memahami. Metode pembelajaran, saya biasanya menggunakan metode yang bisa menarik perhatian anak agar belajar dapat jauh lebih menyenangkan. Seperti belajar sambil bermain agar semua anak bisa mengikuti pembelajaran seperti mencocokkan fuzzle nama nama malaikat, membawakan materi dengan bernyani yang biasanya anak cepat tanggap ketika dibawakan menggunakan nada suara seperti lafadz syahadat, menghapal cepat yang bisa akan diberikan reward.

Tak hanya kegiatan sehari-hari, namun Rumah Ramah juga banyak melaksanakan kegiatan-kegiatan PHBI peringatan hari besar islam seperti memperingati Muharram dengan berbagai perlombaan, lomba adzan, cerdas cermat, mewarnai, hapalan, takbiran keliling, memperingati maulid nabi, dll kemudian ada PHBN peringatan Hari Besar Nasional, seperti perlombaan membaca teks pancasila pada hari kelahiran pancasila, peringatan hari sumpah pemuda, Semarak Kemerdekaan ada perkemahan, upacara bendera dan ada juga panggung gembira kegiatan Rutin tahunan kami.

Untuk tempat belajarnya tempat berkegiatannya mungkin semuanya sering melihat, kita terdapat 1 papan tulis, ruangan dan halaman ini lah tempat kegiatan kami.

Dan untuk kegiatan yang akan kami laksanakan dalam rangka memperingati kemerdekaan  yaitu perkemahan, upacara bendera yang akan kami laksanakan tanggal 16-17 agustus, saya mewakili Rumah Ramah Mohon doanya agar seluruh rangkaian kegiatan dilancarkan.

Kami mempunyai harapan besar untuk anak-anak Rumah Ramah, agar bisa mempersiapkan dirinya untuk menjadi pribadi yang siap dalam menghadapi kegiatan sesungguhnya di sekolah. Saat belajar anak anak harus berani maju kedepan, harus bisa berbicara di depan orang banyak, harus aktif pada saat pembelajaran.

Sahabat online, mungkin kalo diceritakan semuanya secara detail mengenai Rumah Ramah tidak akan bisa dituliskan semuanya bahkan kalo diceritakan pun butuh waktu lama, karena Rumah Ramah mutlak terlahir dari Hati untuk disampaikan kepada semua orang agar bisa diterima di seluruh hati yang mendengar dan melihat kami.

LOVE YOU ALL